Headlines News :
Home » » Status Level 2, Tangkuban Perahu Di Tutup

Status Level 2, Tangkuban Perahu Di Tutup

Sabtu, 23 Februari 2013 : 08.24

ChanelSatu, SUBANG  – Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu statusnya meningkat, dari normal menjadi waspada (Level 2). Akibatnya TWA yang berada di perbatasan Subang – Bandung Barat, kembali ditutup.

Kasatpol PP Kabupaten Subang, Asep SP mengungkapkan, berdasarkan laporan yang diterima Pemda Subang tertanggal 21 Februari 2013 dari Badan Geologi Kabupaten Bandung, status tangkuban parahu meningkat 1 level yang tadinya normal menjadi waspada.

“Tangkuban Parahu statusnya naik dari normal menjadi waspada sejak 21 Februari 2013 pukul 23:00 WIB. Rekomendasi tidak mendekati puncak dalam radius 1,5 km,”jelas Asep, dikantornya, Jumat (22/2).

Dalam surat itu disebutkan 15 – 21 februari 2013, terekam 12 kali gempa vulkanik dangkal (VB), 2 kali gempa vulkanik dalam (V4), tiga kali gempa tektonik Jauh (TJ).

Tanggal (21/2) pukul 02:36 Wib terekam 1 kali gempa vulkanik dangkal (VB), kemudian muncul 7 kali gempa low-frequency (LF) dengan amplituda maksimum 1 mm dan lama gempa 4 detik. Pada pukul 03:36 Wib terekam tremor vulkanik dengan amplituda maksimum rata-rata 1 – 2 mm selama 10 menit.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya terus memantau dengan berkomunikasi dengan Badan Geologi. Sementara untuk pemerintah Kabupaten Subang, Asep menyatakan, akan segera melakukan komunikasi dengan instansi yang masuk dalam jajaran Satlak.

Ketua Tagana Kabupaten Subang, Jajang AM menambahkan,pihaknya telah menempatkan petugas tagana di Markas Komando untuk bisa segera bertindak bilamana mendapati hal-hal yang tidak diinginkan. 

“Situasi Tangkuban Perahu Siaga 2, anggota Tagana sudah siaga di pos komando TWA,” ujarnya.

Kapolres Subang, AKBP Chiko Ardwiatto, menyebutkan, pihaknya selalu siap siaga untuk mengantisipasi hal yang tidak diharapkan.”Karena status tangkuban parahu sudah waspada, maka para pengunjuk tidak diperkenankan masuk kedalam areal TWA.Saat ini sudah ditutup untuk sementara,”katanya.(c)


Share this post :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2012. Chanelsatu.com - All Rights Reserved