4 Jenis Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan

  • Share

Selain bermanfaat untuk menjadikan tubuh senantiasa sehat, olahraga juga merupakan kunci untuk menurunkan berat badan selain menjalani diet. Sebab, pembakaran kalori di dalam tubuh bisa berjalan dengan efektif saat berolahraga, sehingga tubuh bisa mencapai berat yang ideal.

Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan

Berolahraga tidak hanya  efektif membantu menurunkan berat badan, tetapi juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati, menguatkan tulang, termasuk mengurangi risiko dari terkena penyakit kronis.

Setelah mengetahui manfaat olahraga dalam menurunkan berat badan, kira-kira jenis olahraga apakah yang sangat efektif dalam menurunkan berat badan?  Untuk mengetahuinya, simak ulasan detailnya di bawah ini.

Detail Ulasan 4 Jenis Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan

Di bawah ini akan saya sebutkan 4 jenis olahraga yang bisa turunkan berat badan. Apa sajakah olahraga tersebut? Yuk simak ulasannya :

1. Jalan Kaki

Salah satu jenis olahraga yang sangat efektif dalam menurunkan berat badan adalah berjalan kaki. Selain itu, olahraga yang satu ini mudah dilakukan dan tidak menyebabkan kewalahan.

Harvard Health menyebutkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dengan kecepatan sedang 4 mph atau 6,4 km/jam diperkirakan akan membakar 167 kalori pada seseorang yang berat badannya berkisar 70 kg.

Baca juga :  Omicron RI Diyakini Bukan Lagi Transmisi Lokal Tapi Transmisi Komunitas

Berdasarkan hasil sebuah studi, diketahui kalau berjalan selama 50-70 menit yang dilakukan 3 kali dalam sepekan terbukti efektif dalam mengurangi lemak tubuh maupun lingkar pinggang sebesar 1,5% atau 1,1 inci (2,8 cm) pada wanita yang mengalami obesitas.

Jika Anda ingin mencoba olahraga yang satu ini, sebaiknya lakukan secara rutin dengan berjalan kaki selama 30 menit. Lakukan aktivitas tersebut sebanyak 3-4 kali dalam sepekan. Jika sudah terbiasa, barulah Anda bisa meningkatkan durasi olahraga tersebut.

2. Bersepeda

Salah satu olahraga yang bisa turunkan berat badan adalah bersepeda. Selain menuurnkan berat badan, olahraga yang satu ini bisa meningkatkan kebugaran dengan cepat.

Jika Anda merasa malas bersepeda di luar ruangan, sebaiknya Anda mengunjungi pusat kebugaran atau gym. Sebab, di sana Anda bisa bersepeda dengan nyaman di dalam ruangan menggunakan sepeda stasioner.

Menurut Harvard Health, melakukan olahraga sepeda, baik dengan menggunakan sepeda biasa atau sepeda stasioner yang dipacu dalam kecepatan sedang (19-22,4 km/jam) per 30 menit, sangat efektif untuk melakukan pembakaran kalori sebanyak 260-298 pada orang yang berat badannya mencapai 70 kg.

3.  Jogging atau Lari

Olahraga lainnya yang juga sangat efektif dalam menurunkan berat badan adalah jogging atau lari. Harvard Health menyebutkan bahwa berjogging selama 30 menit dengan kecepatan 8 km/jam atau lari dengan kecepatan 9,7 km/jam sangat efektif untuk menurunkan kalori sebanyak 298 pada orang yang berat badannya berkisar 70 kg.

Baca juga :  Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

Hasil sebuah studi juga menyebutkan kalau melakukan olahraga jogging dan lari terbukti efektif dalam membantu melakukan pembakaran lemak visceral yang berbahaya.

4. Berenang

Bagi sebagian orang, berenang merupakan hobi dan kesenangan yang sering dilakukan, khususnya di waktu-waktu senggang dengan mendatangi kolam renang. Ternyata, aktivitas yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam menurunkan berat badan.

Harvard Health menyebutkan bahwa orang yang memiliki berat badan sebesar 155 pon (70 kg) bisa membakar lemaknya sebanyak 233 kalori jika mampu berenang selama 30 menit.

Berbagai gaya yang digunakan dalam berenang ternyata memberikan pengaruh dalam pembakaran kalori. Misalnya saja orang yang memiliki berat 70 kg, jumlah kalori yang terbakar sebesar 298 kalori jika berenang menggunakan gaya punggung. Sedangkan berenang dengan gaya dada bisa membakar 372 kalori, gaya kupu-kupu bisa membakar 409 kalori untuk, serta 372 kalori untuk menyelam.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.