Alasan Mengapa Harus Investasi Kondotel dan Tips Investasinya

  • Share

Investasi kondotel merupakan salah satu bentuk investasi properti yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini. Peluang untuk meraup keuntungan melalui investasi ini sangat besar, apalagi jika lokasinya sangat strategis.

Investasi Kondotel

Kondotel merupakan singkatan dari kondominium hotel. Sebagian orang menyebutnya sebagai apartel atau apartemen hotel. Unitnya terdiri dari kondominium yang dijual kepada konsumen yang selanjutnya disebut investor. Hanya saja, konsumen membelinya tidak untuk ditinggali, tapi diserahkan kepada pihak-pihak tertentu yang akan menjadi pengelolanya.

Kondisi kondotel mirip apartemen. Di dalamnya terdiri dari ruang tidur, dapur, ruang tamu, dan yang lainnya. Ada juga kondotel yang bertipe studio. Intinya, kondotel memiliki tipe yang berbeda-beda, sesuai dengan permintaan konsumen.

Membeli kondotel mirip dengan membeli kamar-kamar hotel. Setelah menerima sertifikat hak milik, investor menyerahkannya kembali kepada pihak pengelola untuk disewakan. Nantinya keuntungan dalam setahun akan dibagi dua antara investor dengan pihak pengelola.

Mengapa Investasi Kondotel Sangat Menguntungkan?

Investasi kondotel sangat menguntungkan. Tidak heran jika banyak orang yang menanamkan investasi di bidang ini. Beberapa alasan di bawah ini akan menunjukkan keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi kondotel :

Baca juga :  Cara Menentukan Harga Sewa Rumah

1. Harga Sewa Terus Meningkat

Keuntungan dari investasi kondotel didapatkan dari harga sewanya. Semakin tinggi harga sewa sebuah kondotel, maka keuntungan yang akan didapatkan semakin besar pula. Di sisi lain, harga sewa kondotel terus meningkat seiring dengan meningkatnya harga properti. Potensi inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa investasi kondotel sangat menguntungkan.

2. Berkesempatan Untuk Menikmatinya

Selain mendapatkan keuntungan dari biaya sewa, pemilik kondotel juga berkesempatan untuk menikmati kondotel tersebut beserta seluruh fasilitas yang ada di dalamnya. Rentang waktu untuk menikmatinya bervariasi, tapi biasanya selama 30 hari dalam setahun.

3 Tips Investasi Kondotel yang Penting Diketahui

Agar investasi kondotel yang Anda lakukan betul-betul menguntungkan, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini :

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Sebelum membeli sebuah kondotel untuk investasi, perhatikan terlebih dahulu lokasinya. Pastikan lokasi tempat dibangunnya kondotel tersebut sangat potensial. Salah satu contohnya adalah kondotel yang lokasinya dekat dari tempat wisata, pusat perbelanjaan, kampus, dan yang semisalnya. Semakin strategis lokasinya, tentu semakin besar kemungkinan banyak orang menyewanya.

2. Cermati Hak Investor Kondotel

Saat pertama kali membeli kondotel, Anda selaku investor akan mendapatkan hak garansi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, cermati dengan seksama hak garansi dan jangka waktu garansi yang Anda dapatkan.

Baca juga :  Trik Berburu Rumah Murah yang Perlu Anda Ketahui

Biasanya nilai profit sharing mengalami perubahan setelah masa garansi habis. Sebab, pihak pengelola kondotel baru akan menghitung nilai profit sharing setelah pemotongan biaya operasional, pemeliharaan, marketing, termasuk fee bagi pihak pengelola.

3. Beli Kondotel Sebelum Dibangun

Umumnya kondotel mulai dipasarkan sebelum dibangun. Hanya saja, banyak orang yang lebih memilih untuk membelinya setelah selesai dibangun. Biasanya harga kondotel jauh lebih murah ketika dibeli sebelum dibangun, karena Anda dianggap turut mendanai proses pembangunannya.

Hanya saja, bentuk investasi yang satu ini rentan dan beresiko tinggi. Itulah sebabnya mengapa banyak orang tidak berani melakukannya. Tapi jika pihak pengembang kondotel memiliki reputasi yang baik selama ini, tidak ada salahnya mencoba bentuk  investasi yang satu ini.

Demikianlah penjelasan mengenai keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan ketika berinvestasi di bidang kondotel dan tips investasinya. Jika Anda memiliki kemampuan finansial untuk berinvestasi di bidang ini, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.