Hujan Deras Disertai Angin Mengguyur Surabaya, Beberapa Titik Mengalami Banjir

  • Share

Guyuran hujan disertai angin kencang yang melanda Surabaya sepanjang Kamis siang hingga sore menjelang malam menyebabkan beberapa lokasi dilanda banjir. Hujan tersebut mulai turun pada kisaran pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji yang memantau kejadian tersebut memerintahkan kepada para petugas penjaga pintu air untuk siap siaga. Jika ketinggian air sudah melampaui ambang batas hendaknya segera dipompa.

Armuji mengatakan bahwa curah hujan tersebut tergolong tinggi dan merata. Semua pihak bekerja keras untuk mengurangi lama waktu dan luasan genangan. Dia juga menyebutkan bahwa beberapa waktu lalu salah satu sekolah dasar negeri di Kenjeran dan beberapa rumah warga mengalami kerusakan akibat guyuran hujan deras dan angin kencang.

Armuji juga menyampaikan bahwa petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, BPB Linmas dan DKRTH saat ini sudah bersiaga di lapangan. Jika ada kejadian, langsung saja kontak 112.

Banjir Melanda Banyak Titik Surabaya

Akibat guyuran hujan tersebut, beberapa lokasi Surabaya mengalami banjir, seperti kawasan Embong Malang, Jalan Tunjungan, serta Jalan Blauran. Banjir tampak berada di sisi kiri. Pengguna jalan terpaksa harus melambatkan laju kendaraannya.

Baca juga :  Titik Terang Kronologi Terbunuhnya Handi-Salsa

Banjir yang terjadi memiliki ketinggian yang berbeda-beda, ada yang setinggi 30cm hingga 60 cm. Banjir tersebut mengakibatkan jalan-jalan di tengah kota mengalami kemacetan dikarenakan pengguna jalan harus melambatkan laju kendaraannya.

Banjir juga melanda kawasan Pasar Kembang, Jalan Arjuno, Jalan Semarang, Pasar Turi hingga Dupak. Banyak kendaraan roda dua yang mogok akibat nekat melintasi genangan banjir tersebut. Sedangkan mobil-mobil lebih memilih untuk melintasi kawasan yang lebih tinggi agar aman dari banjir.

Pusat Grosir Surabaya yang jarang terkena banjir juga mengalami banjir akibat guyuran hujan deras tersebut. Akibatnya, banyak warga yang terjebak di tengah-tengah banjir karena tidak menyangka jika kawasan tersebut turut mengalami banjir.

Sebagian warga yang terlanjur terjebak akhirnya memaksakan diri menerjang banjir tersebut. Sedangkan sebagian yang lainnya lebih memilih untuk berhenti dan tidak melanjutkan perjalanan karena mengkhawatirkan mesin motornya kemasukan air.

Jalan Macet di Mana-mana

Hujan yang mengguyur Surabaya sejak pukul 15.00 WIB menyebabkan sejumlah titik jalan di Surabaya mengalami banjir. Akibatnya, lalu lintas macet cukup parah.

Titik-titik jalan yang mengalami kemacetan antara lain Jalan Raden Saleh, Embong Malang, Bubutan, Basuki Rahmat, Bronggalan, Embong Wungu, Kapas Krampung, Jalan Semarang, Benowo, Mastrip, Dupak, serta Demak.

Baca juga :  Ibu Kota Kemungkinan Akan Pindah Semester Pertama 2024

Rata-rata kemacetan yang terjadi diakibatkan jalan yang terendam banjir. Sebagai contoh Jalan Embong Malang, yang mana genangan air bahkan setinggi trotoar. Akibatnya, kemacetan motor mencapai Jalan Basuki Rahmat hingga patung Karapan Sapi.

Jalan Benowo juga mengalami kemacetan. Tapi kemacetan tidak hanya diakibatkan oleh genangan air yang meluap ke jalan, tetapi juga diakibatkan oleh proyek perbaikan jalan dan truk mogok. Sementara di Jalan Dupak dan Demak turut mengalami kemacetan akibat genangan air mencapai ketinggian satu ban mobil. Bahkan saking parahnya kemacetan di lokasi tersebut, kendaraan nyaris tak bergerak.

Peringatan Dini Cuaca Buruk 3 Hari Jawa Timur

Sebelum cuaca buruk yang mengakibatkan guyuran hujan disertai angin kencang yang melanda Surabaya pada hari Kamis pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB, sudah ada peringatan dari BMKG akan cuaca buruk yang akan melanda Jawa Timur selama 3 hari, yaitu 28,29, dan 30 desember.

BMKG Juanda Surabaya menulis peringatan tentang adanya intensitas hujan sedang hingga lebat yang disertai  petir dan angin kencang sesaat yang akan melanda Jawa Timur.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.