Ide Bisnis Bagi Mahasiswa Luar Negeri Cocok Dijadikan Sambilan

  • Share

Sebagai mahasiswa, ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi namun seringkali tidak didukung dengan kondisi ekonomi stabil. Agar tidak terlalu memberatkan orang tua, Anda dapat menjalankan ide bisnis bagi mahasiswa luar negeri pada artikel ini. Selain tidak membutuhkan modal besar, hasilnya sendiri bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Ide Bisnis Bagi Mahasiswa Luar Negeri

5 Ide Bisnis Bagi Mahasiswa Luar Negeri

Sebagai mahasiswa luar negeri, biasanya pada awalnya akan terjadi culture shock. Namun hal ini umumnya tidak berlangsung lama, tetapi tetap tergantung masing-masing individu. Setelah melalui tahapan ini, kamu dapat mulai menjalankan bisnis. Jenis-jenisnya sendiri terbilang cukup banyak. Pembahasan lebih lengkap nya bisa disimak pada poin berikut:

1. Penjaga Toko

Saat ingin menjadi pramuniaga atau penjaga toko, sebaiknya cari tempat yang menerapkan sistem sift agar tetap bisa mengikuti perkuliahan secara utuh. Disarankan memilih toko buku supaya bisa sekaligus mencari referensi untuk mengerjakan tugas kuliah. Terkadang bahkan dapat membaca produk yang dijadikan sebagai sampel.

Menjaga toko sendiri masuk ke dalam jenis pekerjaan yang tidak begitu sulit, akan tetapi tanggung jawabnya cukup besar terutama jika bertugas di kasir. Perhitungan keuangan dituntut harus valid untuk menghindari kerugian besar toko. Oleh sebab itu diperlukan ketelitian serta selalu waspada, akan lebih baik jika memiliki kemampuan beladiri.

Baca juga :  Ini 5 Pekerjaan yang Paling Dicari Tahun 2022

2. Cleaning Service

Salah satu keuntungan dari menjalankan pekerjaan sebagai cleaning service adalah tidak memerlukan keahlian khusus. Di samping itu gajinya terbilang lumayan tergantung kebijakan masing-masing wilayah dan perusahaan. Sebelum memilih, pertimbangkan beberapa ha terlebih dahulu mulai dari sistem kerjanya, jadwal masuk, besaran gaji, serta tempat kerja ke rumah serta kampus.

Biasanya pekerjaan sebagai cleaning service dilakukan dengan sistem shift, dengan begitu Anda dapat memilih jam di luar kuliah. Tidak perlu gengsi, sebab menjalankan pekerjaan satu ini akan memberikan banyak keuntungan. Bukan hanya gaji saja, melainkan juga koneksi baik orang biasa ataupun para petinggi di perusahaan.

3. Perawat Anak

Pekerjaan satu ini sangat disarankan bagi Anda yang suka dengan anak-anak kecil. Meski bisa dilakukan oleh orang minim kemampuan, namun hal paling penting yang harus dimiliki adalah kesabaran dan tlaten. Sebab di usia ini, umumnya mereka sedang aktif-aktifnya bergerak dan bertanya terkait banyak hal.

Tugas yang biasa dilakukan oleh perawat anak mulai dari memandikan, menyiapkan makan sekaligus menyuapi, dan beberapa perlu mengantar ke sekolah. Sebelum memilih bidang pekerjaan ini, sebaiknya pertimbangkan apakah akan bentrok dengan jadwal perkuliahaan atau tidak. Alasan utamanya karena menjadi perawat anak menghabiskan jam kerja lebih panjang.

Baca juga :  Langkah Tepat Cara Membuat Usaha Musiman Agar Sukses

4. Pengantar Pesanan

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat membuka peluang banyak pekerjaan salah satunya pengantar pesanan. Di setiap negara biasanya memiliki kecenderungan brand pengantar pesan. Agar berpotensi mendapatkan keuntungan besar, pilih perusahaan yang sudah berkembang dan maju.

Pertimbangannya adalah ketika bergabung diperusahaan yang sudah berkembang, maka kemungkinan mendapatkan pelanggan akan lebih banyak. Sebab, pada dasarnya kepercayaan pelanggan menjadi hal utama untuk membangun jaringan lebih besar.

5.  Pramusaji

Sebagian besar mahasiswa baik lokal maupun pendatang sering menjadikan bidang pekerjaan ini sebagai rujukan. Sebagian besar rumah makan ataupun restoran menerapkan sistem sift sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal masuk perkuliahan. Sedangkan jika masuk waktu libur, Anda dapat mengambil fulltime ataupun memanfaatkannya untuk beristirahat.

Demikian penjelasan terkait dengan ide bisnis bagi mahasiswa luar negeri yang bisa dijadikan referensi. Sebaiknya pilih sesuai kemampuan serta pastikan jadwalnya tidak bertabrakan dengan perkuliahan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.