Ini 5 Pekerjaan yang Paling Dicari Tahun 2022

  • Share

Pandemi akibat Covid-19 yang melanda dunia saat ini mengakibatkan perubahan besar dalam sektor ekonomi, salah satunya dalam sektor pasar tenaga kerja. Banyak sektor usaha yang mendapatkan imbas berupa penurunan dari efek tersebut, dan ada pula yang justru mengalami peningkatan.

Pekerjaan yang Paling Dicari Tahun 2022

Memasuki tahun 2022, ada 5 jenis pekerjaan yang paling banyak dicari. Apa sajakah pekerjaan itu? Berikut ini akan saya sebutkan daftar pekerjaan paling dicari tahun 2022 yang disebutkan oleh majalah Forbes.

Detail Ulasan Pekerjaan Paling Dicari Tahun 2022

1. Tenaga Kesehatan

Sejak awal pandemi yang melanda dunia, tenaga medis bahu membahu menangani masalah ini. Akibatnya, banyak tenaga medis yang meninggal dunia akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, diprediksi kebutuhan akan tenaga medis akan terus mengalami peningkatan selama tahun 2022.

Berdasarkan keterangan Forbes, setidaknya kebutuhan terhadap tenaga perawat akan mencapai lebih dari 500.000 hingga tahun 2027. Keberadaan praktisi perawat yang mendapatkan gelar master akan dibutuhkan di masa mendatang, di mana pekerjaan mereka adalah meresepkan obat sebagaimana dokter.

2. Manajemen Keuangan

Forbes juga menyebutkan bahwa kebutuhan pekerja di bidang manajemen keuangan akan terus mengalami peningkatan sebesar 15 persen dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. Bidang ini bertugas melakukan pemeriksaan terkait pengeluaran dan pendapatan perusahaan, sekaligus mencari solusi memaksimalkan keuntungan.

Baca juga :  Langkah Tepat Cara Membuat Usaha Musiman Agar Sukses

3. Teknologi dan Informasi

Teknologi dan informasi merupakan salah satu bidang pekerjaan yang memang tidak pernah sepi. Terlebih lagi dengan adanya fakta bahwa teknologi dan informasi terus mengalami peningkatan yang sangat pesat. Oleh karena itu, tenaga ahli di bidang teknologi dan informasi selalu dibutuhkan.

Setelah pandemi Covid-19 muncul, pekerjaan remote (jarak jauh) dan perkembangan smartphone yang terus meningkat menjadi penyebab utama peningkatan tenaga ahli bidang teknologi dan informasi, semisal software dan app developers.

Berdasarkan keterangan dari Biro Statistik Tenaga Kerja The Occupational Outlook Handbook (OOH), diprediksi kalau peningkatan di bidang software development mencapai 22 persen di masa mendatang.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kemampuan di bidang teknologi dan informasi, kembangkan terus sampai Anda menjadi ahli. Demikian pula jika Anda ingin banting stir di bidang teknologi dan informasi, Anda bisa mempersiapkan diri dengan belajar online.

4. Supply Chain Management (Manajemen Rantai Pasokan)

Pekerjaan yang juga akan mengalami peningkatan pesat di tahun 2022 setelah pandemi ini adalah SCM (Supply Chain Management) atau manajemen rantai pasokan.

Baca juga :  XRP Ripple Hari Ini : Ripple Bekerja Sama Dengan Bhutan Bank Sentral !

Panic buying (pembelian berlebihan di situasi darurat) yang terjadi sejak pandemi Covid-19 muncul mengharuskan pengiriman barang bisa tepat waktu. Oleh karena itu, berbagai bidang yang mendukung hal tersebut sangat dibutuhkan, misalnya Agen Pembelian, Analis Logistik, dan Manajer Distribusi.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki keahlian dalam bidang matematika, prinsip-prinsip teknik dan membuat sistem kerja efisien, serta statistik, maka pekerjaan di bidang ini sangat cocok bagi Anda.

5. Aktuaris dan Ahli Statistik

Forbes juga menyebutkan kalau profesi aktuaris akan mengalami peningkatan kebutuhan yang mencapai 20 persen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Selain itu, profesi data scientist juga diperkirakan akan tumbuh dengan pesat dan tingkat permintaannya mencapai 30 persen pada tahun 2030.

Demikianlah ulasan mengenai 5 pekerjaan yang paling dicari tahun 2022 berdasarkan keterangan Forbes. Jika Anda memiliki keahlian atau minat terhadap salah satu dari jenis pekerjaan tersebut, persiapkan diri Anda sejak dini dan teruslah mengasah dan mengembangkan keahlian tersebut sehingga Anda menjadi orang yang profesional dan mampu bersaing di bidang tersebut.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.