Tips Investasi Rumah Kost yang Penting Diketahui

  • Share

Banyak jenis bisnis di bidang properti yang bisa jadi pilihan investasi Anda, salah satunya adalah investasi rumah kost.  Peluang investasi properti yang satu ini sangat potensial, terlebih lagi jika dibangun di daerah perkotaan.

Tips Investasi Rumah Kost

Modal awal yang dibutuhkan untuk membangun rumah kost memang tidak sedikit. Tapi hal itu sepadan dengan potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Agar lebih menguntungkan, sebaiknya Anda tidak asal-asalan dalam berinvestasi rumah kost.

5 Tips Investasi Rumah Kost yang Perlu Diperhatikan

Sebelum memutuskan untuk membangun atau mmebeli rumah kost, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips penting berikut ini :

1. Perhatikan Lokasi Rumah Kost

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan rumah kost terus meningkat, terlebih lagi di kota-kota besar. Penyebabnya karena banyak orang-orang dari luar kota yang datang ke kota-kota besar untuk bekerja atau meneruskan pendidikan di sana.

Umumnya orang-orang yang datang ke kota-kota besar tidak memiliki keluarga untuk ditempati menumpang selama di sana. Itulah sebabnya kenapa menyewa rumah kost merupakan solusi terbaik yang sering dipilih.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli atau membangun rumah kost di lokasi yang dekat dari kampus, sekolah, kantor-kantor pemerintah, serta kawasan industri. Di tempat-tempat tersebut, rumah kost Anda berpeluang untuk dihuni banyak penyewa.

Baca juga :  Tips Memilih Rumah Bekas yang Bagus

2. Perhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar Rumah Kost

Sebelum memutuskan untuk membeli atau membangun rumah kost di lingkungan tertentu, cobalah untuk memerhatikan kondisi lingkungan sekitarnya dengan seksama. Jika lingkungannya memang terkenal aman dan rawan banjir, barulah Anda bisa berinvestasi rumah kost di tempat tersebut.

Namun jika sebaliknya, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk membeli atau membangun rumah kost di lingkungan yang seperti ini. Sebab, dikhawatirkan rumah kost Anda akan sepi dari penyewa karena takut untuk tinggal di lingkungan seperti itu.

3. Tentukan Target Penyewa Rumah Kost

Penyewa rumah kost memiliki latar belakang ekonomi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu orang-orang yang Anda targetkan sebagai penghuni rumah kost Anda. Dengan begitu, Anda bisa menentukan kualitas rumah kost yang akan dibangun.

Jika Anda menargetkan penyewa dari kalangan orang-orang yang berduit, tentu rumah kost yang dibuat harus elit dan sesuai dengan selera mereka. Untuk urusan harga sewa biasanya orang-orang seperti ini tidak begitu peduli, selama kondisi rumah kost dan fasilitas yang ditawarkan sepadan.

Baca juga :  4 Tips Memilih Apartemen untuk Investasi

4. Biaya Sewa Rumah Kost Sepadan

Tips investasi rumah kost yang ketiga ini masih terkait dengan yang sebelumnya. Meskipun tujuan Anda membuat rumah kost untuk meraih keuntungan, tetap saja Anda harus realistis dalam memberikan harga.

Jangan sampai Anda menetapkan harga sewa yang terlalu tinggi, sehingga orang-orang tidak mau menyewanya. Sebaliknya, hindari harga sewa yang terlalu murah. Sebab, alih-alih mendapatkan keuntungan, Anda malah menderita kerugian.

5. Tentukan Metode Pembayaran

Penetapan metode pembayaran biaya sewa rumah kost kembali kepada Anda sebagai pemiliknya. Sebaiknya Anda menetapkan pembayaran penuh di awal, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak kasus yang seringkali terjadi dan merugikan pemilik rumah kost akibat tidak menetapkan pembayaran penuh di awal. Meskipun demikian, biasa saja Anda memberikan keringan untuk mencicil kepada orang-orang tertentu yang memang kondisi ekonominya susah dan bisa dipercaya. Tapi hal itu hanya berlaku pada orang-orang tertentu, tidak untuk semua penyewa kost.

Itulah 5 tips investasi rumah kost yang penting untuk diketahui. Jika Anda serius ingin membangun rumah kost untuk investasi jangka panjang yang menguntungkan, jangan abaikan poin-poin yang telah disebutkan di atas.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.