Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

  • Share

Saat hamil, perhatikan beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil dan janin agar nantinya saat proses lahiran tidak mengalami hal buruk. Selain itu diharapkan bayi bisa lahir ke dunia dalam kondisi baik. Salah satu hal paling penting adalah mengontrol asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

tips menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Perlu diketahui saat hamil, sistem kekebalan tubuh akan menurun sehingga lebih mudah terjangkit penyakit. Agar janin dan sang ibu tetap dalam keadaan sehat, perlu memperhatikan beberapa hal termasuk asupan nutrisinya. Jika perlu, berikan tambahan vitamin yang disarankan oleh dokter atau ahli dalam bidangnya untuk memaksimalkan terpenuhinya nutrisinya.

4 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin menjadi hal sangat penting, akan tetapi memang cukup sulit karena cenderung rawan terkena berbagai masalah kesehatan. Oleh sebab itu agar dapat menghindari hal-hal tidak diinginkan, sebaiknya lakukan beberapa hal. Penjelasan lengkapnya akan dibahas pada poin-poin di bawah ini:

1. Lakukan Olahraga Ringan

Saat hamil, tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga namun jenis yang dipilih sebaiknya tidak membuat tubuh bekerja keras. Beberapa ahli menyarankan yoga khusu ibu hamil karena gerakannya cenderung ringan. Di samping itu beberapa diantaranya disebut-sebut dapat memperlancar proses persalinan nantinya.

Baca juga :  Seputar Corona : Kasus Omicron RI Mencapai 1.161 Kasus, 10 Jemaah Umroh RI Probable Omicron hingga Sorotan dari WHO

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan setelah olahraga secara rutin seperti menurunnya tingkat stres, tubuh lebih segar, mengurangi sakit punggung, memperkuat otot, dan meningkatkan kualitas pernafasan. Selain yoga, jenis olahraga untuk ibu hamil lainnya adalah senam, berenang, dan joging.

2.Hindari Stres Berlebih

Seorang ibu hamil tidak disarankan memendam emosi karena dapat menimbulkan stres berlebih. Jika hal ini berlangsung lama, bukan tidak mungkin kesehatan dirinya dan janin terganggu. Masalah paling umum yang bisa terjadi adalah timbul rasa pusing, nafsu makan berkurang, terganggunya waktu tidur, dan cemas.

Dalam kondisi hamil sangat wajar jika ibu mengalami stres karena memikirkan banyak hal mulai dari kesehatan janin, perubahan tubuh, atau konflik dari luar. Cara mengatasi kondisi ini agar tidak berlarut-larut dan mengganggu kesehatan adalah degan menceritakan masalah kepada orang terpercaya bisa suami atau orang tua.

3. Cukupi Nutrisi Tubuh dengan Mengonsumsi Vitamin Parental

Banyaknya keluhan terkait masalah kesehatan yang terjadi selama kehamilan, akhirnya muncul vitamin khusus parental yang bisa dikonsumsi dengan dosis tertentu. Sebelum mengkonsumsinya, sebenarnya sangat disarankan untuk meminta rekomendasi dari dokter untuk menghindari dampak negatifnya.

Baca juga :  Syarat Gratis Vaksin Booster COVID-19

Salah satu vitamin yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah asam folat. Kisaran waktu terbaik untuk mengkonsumsinya adalah 12 minggu pada awal kehamilan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat. Namun jika tidak ingin mengkonsumsi vitamin, Anda dapat memilih makanan dengan kandungan zat tersebut misalnya sayuran hijau, kubis, dan buah bit.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Buah dan sayur termasuk ke dalam makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu juga pastikan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan mengandung zat besi, asam folat, lemak sehat, protein, zinc, vitamin C, dan lain-lain.

Namun patut diwaspadai, ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi junk food untuk menjaga kesehatan janin. Sebab beberapa kandungan di dalamnya kurang baik apabila masuk ke dalam tubuh secara berlebihan.

Demikian penjelasan terkait dengan tips menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang sangat penting diketahui para ibu muda. Salah satu manfaatnya adalah untuk melancarkan proses persalinan serta menghindari terjadinya kecacatan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.