3 Ide Bisnis Potensial di Masa Pandemi, Mana yang Cocok Bagi Anda?

  • Share

Pademi Covid-19 yang sejak beberapa tahun terakhir melanda negeri Indonesia memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kondisi ekonomi masyarakat. Terjadinya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), kemacetan usaha akibat pembatasan aktivitas, dan lain sebagainya turut andil dalam hal tersebut.

Ide Bisnis Potensial di Masa Pandemi

Miris memang, namun itulah fakta yang harus dihadapi. Tinggal diam dan putus asa tidak akan memberikan solusi bagi kondisi sulitnya ekonomi yang dihadapi. Satu-satunya cara adalah bangkit dan melakukan upaya terbaik untuk mengatasi kondisi yang dialami.

Bagi Anda yang kebingungan dalam mencari penghasilan di masa pandemi saat ini, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menerapkan beberapa ide bisnis potensial di masa pandemi Covid-19 saat ini. Apa sajakah ide bisnis tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Rekomendasi 3 Ide Bisnis Potensial di Masa Pandemi Covid-19

1. Berjualan Makanan Secara Online

Pembatasan aktivitas akibat pandemi bisa diatasi dengan membuka usaha yang bisa dijalankan secara online. Salah satunya adalah berjualan makanan. Sebab, banyak orang saat ini yang lebih senang berbelanja makanan secara online karena dianggap lebih aman dan lebih praktis.

Anda tinggal melakukan riset mengenai jenis-jenis makanan yang potensial untuk dijual secara online. Meskipun demikian, sebenarnya hampir semua jenis makanan laku jika Anda menjualnya secara online menggunakan metode promosi yang tepat.

Baca juga :  Presiden Jokowi Beri Kemudahan dan Insentif Bagi yang Berwirausaha

Untuk menawarkan dan mempromosikan barang jualan Anda, manfaatkan media sosial yang selama ini Anda aktif di dalamnya. Facebook, Instagram, dan Whatsapp, merupakan media sosial yang potensial untuk menawarkan barang jualan Anda. Tinggal bagaimana Anda menerapkan bentu promosi yang menarik dan tidak mengganggu orang-orang yang aktif di situ.

2. Jasa Penulisan Artikel

Jika Anda memiliki kemampuan dalam menulis artikel atau memiliki hobi menulis dan siap untuk selalu mengembangkan kemampuan, maka membuka jasa penulisan artikel merupakan salah satu ide bisnis potensial di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Modal untuk memulainya tidak besar, karena Anda hanya membutuhkan perangkat PC/laptop dan koneksi internet untuk memulainya. Untuk pemasarannya, Anda bisa mulai menawarkan jasa Anda ke berbagai media sosial seperti Facebook, Whatsapp, dan lain sebagainya.

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda membuat website promosi jasa Anda. Dengan membuat website promosi, jangkauan jasa Anda lebih luas lagi. Hanya saja, membangun website bisnis bukanlah hal yang mudah dan bersifat instan. Butuh kesabaran dan ketekunan. Meskipun demikian, hasil yang akan diperoleh tidak bakalan mengecewakan.

Baca juga :  KKP Akan Bahas Strategi Ekonomi Biru di Presidensi G20 Indonesia

3. Jasa Laundry

Di era modern dan serba sibuk seperti saat sekarang ini, banyak orang yang tidak lagi memiliki waktu yang cukup untuk mencuci sendiri pakaiannya. Biasanya orang-orang seperti ini memiliki rutinitas harian yang sangat padat. Sehingga, mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian dibandingkan harus mengorbankan waktu istirahat dan libur dengan mencuci pakaian.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menawarkan jasa laundry. Jika belum memiliki modal untuk membeli mesin cuci khusus, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci yang digunakan sehari-hari. Untuk penjemuran pakaian, Anda bisa memanfaatkan sinar matahari.

Nantinya Anda bisa menyisihkan sedikit demi sedikit keuntungan dari jasa laundry yang Anda kelola untuk membeli mesin cuci khusus untuk jasa laundry Anda. Butuh kesabaran dan ketekunan untuk menjalankannya, namun hasil yang bakal didapatkan tidak akan mengecewakan.

Itulah 3 ide bisnis potensial di masa pandemi Covid-19 saat ini. Anda tinggal memilih ide bisnis yang paling cocok dan sesuai untuk dijalankan. Apapun pilihan Anda, butuh kesabaran dan ketekunan untuk meraih keberhasilan dalam menjalankannya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.