Jenis-jenis Vitamin Penguat Imun Pencegah COVID-19

  • Share

Pandemi akibat wabah Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin penguat imun pencegah Covid-19.

Vitamin Penguat Imun Pencegah COVID

Ketika tubuh mendapatkan asupan vitamin, imunitas tubuh jadi meningkat. Sehingga, tubuh semakin kuat dan tangguh dalam menghadapi paparan virus Covid-19. Meskipun demikian, masyarakat tentu harus tetap menjaga prokes seketat mungkin.

Dr Heather Moday yang merupakan seorang ahli imunologi menegaskan bahwa keberadaan vitamin memang tidak bisa menggantikan pola makan yang buruk. Hanya saja, mengonsumsi suplemen tambahan sangat efektif dalam mengisi kekosongan nutrisi. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan perlindungan ekstra.

7 Jenis Vitamin Penguat Imun Pencegah Covid-19

Untuk mengetahui apa saja jenis vitamin penguat imun pencegah Covid-19, Anda bisa membaca detailnya di bawah ini :

1. Vitamin C

Agar tetap prima, tubuh membutuhkan asupan Vitamin C dalam jumlah yang cukup. Hal ini hanya didapatkan dengan cara mengonsumsi suplemen tertentu yang mengandung vitamin tersebut. Sebab, tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Di dalam Vitamin C terkandung antioksidan yang kuat. Dengan adanya vitamin tersebut, sel-sel sistem kekebalan tubuh akan diperkuat sehingga mampu menjaga kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga :  Cara Cepat Memutihkan Wajah Secara Alami Dalam 1 Hari

Manfaat lain yang juga bisa didapatkan saat mengonsumsi Vitamin C adalah menyembuhkan luka kulit, meredakan pilek, serta mengurangi tingkat keparahan penderita Covid-19. Untuk jumlahnya, disarankan untuk mengonsumsi 500 mg perhari.

2. Vitamin D

Di masa pandemi saat ini, mengonsumsi Vitamin D juga sangat disarankan. Pasalnya, vitamin tersebut dapat membunuh bakteri dan virus, di samping mengurangi frekuensi infeksi di saluran pernapasan atas. Untuk mendapatkan asupan vitamin D, disarankan untuk mengonsumsi suplementasi tertentu untuk vitamin ini.

3. Vitamin B6

Jenis vitamin lainnya yang juga disarankan untuk dikonsumsi dalam rangka mencegah Covid-19 adalah Vitamin B6. Pasalnya, vitamin ini sangat efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang virus.

Selain mengonsumsi vitamin khusus untuk mendapatkan suplai Vitamin B6, Anda juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi ayam dan sayuran hijau seperti buncis.

4. Seng

Seng juga sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, seng termasuk salah satu jenis yang akan meringankan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Untuk mendapatkan asupan seng yang mencukupi, Anda bisa memperolehnya dari yoghurt, kacang panjang, sayur buncis, dan yang lainnya. Sedangkan dari asupan hewani, Anda bisa menemukannya dari kerang, tiram, dan kepiting.

Baca juga :  Varian Omicron Masuk Indonesia,Waspada!

5. Selenium

Selenium memiliki efek yang kuat terhadap sistem kekebalan tubuh khususnya dalam mencegah infeksi. Oleh karena itu, selenium merupakan vitamin penguat imun pencegah Covid-19 yang hendaknya Anda konsumsi dalam jumlah yang memadai. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini, disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi daging unggas, daging merah, maupun makanan laut (tuna dan sarden).

6. Vitamin A

Vitamin A termasuk salah satu jenis vitamin yang efektif untuk dikonsumsi secara rutin dalam rangka mencegah Covid-19. Untuk mendapatkan asupan vitamin ini, sebaiknya Anda mengonsumsi ikan, daging, maupun produk susu. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dari mengonsumsi labu, wortel, labu, serta ubi jalar.

7. Vitamin E

Vitamin E juga termasuk salah satu vitamin penguat imun pencegah Covid-19 yang tidak jauh berbeda dengan vitamin C. Pasalnya, di dalam vitamin ini juga terkandung antioksidan yang kuat dan efektif untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Agar kebutuhan Vitamin E dalam tubuh Anda bisa terpenuhi, sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang almond, kacang hazel, maupun biji bunga matahari.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.