Nama-nama Daerah yang Sudah Melaporkan Keberadaan Varian Omicron

  • Share

Sejak awal masuknya di Indonesia, varian Omicron terus menular. Di sisi lain, pemerintah terus berupaya melakukan langkah terbaik untuk mengendalikan Virus Covid-19, termasuk varian Omicron tersebut.

Daerah yang Sudah Melaporkan Keberadaan Varian Omicron

Saat ini sudah terdeteksi keberadaan 7 daerah di Indonesia yang terkonfirmasi adanya varian baru dari Virus Covid-19 tersebut. Ketujuh daerah tersebut adalah Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Surabaya, Malang, dan Medan. Berikut detail ulasannya.

Inilah Daftar 7 Daerah yang Dilaporkan Adanya Varian Omicron

1. Jakarta

Kasus positif varian Omicron di DKI Jakarta terus bertambah. Saat ini sudah yang tercatat mencapai 725 orang, yang umumnya berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

Dari 725 orang yang terinfeksi varian Omicron, sebanyak 75 persen atau 545 orang merupakan pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 180 lainnya merupakan transmisi lokal. Hal ini disampaikan oleh Dwi Oktavia selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam sebuah keterangan pada hari Jumat (14/1/2022).

2. Bogor

Saat ini varian COVID-19 Omicron mulai terdeteksi keberadaannya di Kabupaten Bogor. Hal ini diketahui setelah salah seorang warga Kecamatan Dramaga, Bogor, terkonfirmasi positif varian baru Omicron. Hal disampaikan oleh Brigjen Achmad Fauzi selaku Danrem 061/Surya Kencana di hadapan wartawan pada hari Selasa (11/1/2022).

Baca juga :  Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Achmad juga mengatakan kalau orang tersebut saat ini sedang menjalani isolasi di Purwasari Dramaga. Dia lalu mengajak semua pihak untuk sama-sama melakukan antisipasi penularan Omicron, terutama orang-orang yang baru datang dari luar negeri.

3. Tangerang Selatan

Saat ini sudah terkonfirmasi 4 warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, yang positif COVID-19 varian Omicron. Tiga di antaranya merupakan kasus transmisi lokal.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie saat dihubungi pihak wartawan pada hari , Selasa (11/1/2022) menyebutkan adanya kasus varian Omicron tersebut. Dia menyebutkan bahwa 1 kasus merupakan  pelaku perjalanan luar negeri, yaitu seorang wanita berusia 34 tahun pasca kunjungan kerja di Amerika Serikat. Sisanya merupakan kasus transmisi lokal.

Pria yang sering disapa Pak Ben ini juga mengatakan kalau warganya yang terkonfirmasi positif Omicron sehabis dari perjalanan luar negeri tersebut masih menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien tersebut sudah dikarantina sejak tiba di Indonesia.

4. Malang

Kasus varian Omicron di Malang menimpa seorang ibu muda (30 tahun) berinisial L yang merupakan warga Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Sejak dinyatakan positif Omicron, pasien menjalani perawatan di safe house Rusunawa Kepanjen. Pasien berinisial L berusia 30 tahun.

Baca juga :  Syarat Gratis Vaksin Booster COVID-19

drg Arbani Mukti Wibowo yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang menyebutkan bahwa pasien dirujuk ke safe house rusunawa setelah hasil sampel Whole Genome Sequencing (WGS) yang dikirim ke Unair Surabaya menyatakan positif COVID-19 varian baru Omicron.

5. Bandung

Kasus varian Omicron di Bandung menimpa satu keluarga. Pasien dalam kasus ini sebanyak lima orang dan sedang menjalani karantina di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat di Baleendah, Kabupaten Bandung.

Dewi Basmala selaku Dirut RSUD Al Ihsan membenarkan hal tersebut. Dia menyebutkan bahwa awalnya yang terkonfirmasi cuma satu orang dan sudah dilakukan karantina. Orang itu pun sudah dinyatakan negatif.

Selain 5 daerah yang disebutkan di atas, masih ada dua daerah lainnya yang juga terkonfirmasi adanya kasus Omicron, yaitu Medan dan Surabaya. Kasus Omicron di Medan menimpa seorang warga Sumatera Utara (Sumut),  dan saat ini tengah menjalani isolasi di RS Sulianti Saroso.

Sedangkan untuk kasus Omicron di Surabaya, total pasien bertambah menjadi 4 orang. Keempat orang tersebut terdeteksi sepulang dari Jakarta dan saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.